Rabu, 04 Mei 2011

Belajar Mencintai Sesuatu yang Tidak Sempurna Agar Anda Sempurna

Keinginan mencapai kesempurnaan dambaan semua orang. Sempurna fisik, rejeki, jodoh, karier, dan lain-lain. Keinginan untuk sempurna menjadikan manusia menempuh multi cara. Banyak yang berhasil, tak sedikit yang justru menjauh dari kesempurnaan.

Kesempurnaan hakikatnya tidak akan pernah ada sebelum Anda belajar mencintai sesuatu yang tidak sempurna. Kata kuncinya adalah CINTA dan KETIDAKSEMPURNAAN. Tahukan Anda, Anda yang lahir tidak sempurna (tidak berdaya) lantas menjadi sempurna seperti sekarang (sehat dan kuat). Kenapa? semuanya dengan cinta. Bayangkan jika orang tua Anda tidak diberi cinta, Anda sudah dicekik karena hanya memberikan rasa sakit saja.

Tahukan Anda, cinta yang memberi kekuatan seseorang sehingga kadang keluar dari akan sehat? Pernahkan Anda dengar kata-kata “dalamnya lautan akan ku sebrangi”? padahal belum tentu dia bisa berenang. Cinta yang membuat seseorang yang lemah menjadi kuat, malas menjadi rajin, pecundang jadi pemberani, bahkan siap mengorbankan nyawa. Cinta adalah kekuatan ruaarrrr biasssaaa.

Cinta yang mambikin sesuatu yang tidak sempurna menjadi nampak sempurna. Dimata seorang kekasih, wanita pujaannya adalah yang tercantik. Dimata orang tua, anaknya adalah yang terhebat. Walaupun wanita itu tidak cantik dan anaknya tidak hebat, tapi karena cinta, semuanya jadi nampak sempurna.

Lantas apa hubungannya dengan kesuksesan? Oke saya ilustrasikan, ketika Anda ingin berbisnis online, pertanyaannya, apakah bisnis online yang Anda temukan sempurna bagi Anda? Pasti tidak, karena Anda belum apa-apa. Anda belum mendapatkan apapun. Alhasil bisnis online itu bagi diri Anda sendiri masih bayi alias belum sempurna.

Begitu pula dibisnis konvensional, ketika Anda ingin mendirikan usaha penerbitan sendiri misalnya untuk buku-buku karya Anda, apakah penerbitan itu sempurna bagi Anda? Tentu tidak. Dan masih banyak contoh lainnya.

Bagaimana agar bisnis itu sempurna bagi Anda, bukan hanya memberikan banyak pengalaman tapi membikin kantong Anda tebal? tidak ada jalan lain kecuali Anda harus MENCINTAI ketidaksempurnaan bisnis itu agar kelak sempurna. Caranya, rawat baik-baik, pelajari sungguh-sungguh, jalankan sepenuh hati, pantang menyerah, dan berdoa. Dan sempurnalah bisnis itu.

Tanpa cinta, bisnis apapun hanya jadi bagian dari masalah Anda atau pelengkap penderitaan saja. Bisnis itu berat kawan. Mustahil akan besar tanpa cinta. Apakah Anda akan membunuh bisnis itu dari semenjak bayi atau merawatnya hingga membesar, itu bergantung seberapa kadar cinta Anda.

Tapi menumbuhkan cinta pada pekerjaan atau bisnis tidak mudah. karenanya Anda harus BELAJAR. Ya belajar mencintai. Belajar mencintai sesuatu yang tidak sempurna dengan cara sempurna agar sesuatu yang dicintai dan Anda yang mencintai kelak menemukan kesempurnaan alias kesuksesan.

Bagaimana Tanggapan Anda?

(Toha Nasrudin)